Sabtu, 08 Desember 2012

MEMAHAMI INFORMASI KEUANGAN DAN AKUNTANSI

PENTINGNYA INFORMASI AKUNTANSI
Informasi keuangan terutama berdasarkan pada informasi yang diperoleh dari Akuntansi
Akuntansi (accounting) adalah perencanaan, pengklafisikasian, peringkasan, dan penginterpretasian segala kejadian dan transaksi keuangan untuk memberikan informasikepada manajemen dan pihak berkepentingan lain yang membutuhkan sebagai dasar untuk mengambil keputusan.
AREA AKUNTANSI
Akuntansi Manajerial (managerial accounting) digunakan untuk menyediakan informasi dan analisis bagi para manajer di dalam organisasi untuk membantu mereka dalam membuat keputusan.
Akuntansi Keuangan (finacial accounting) berbedadalam organisasi manajerial dalam hal informasi dan analisis keuangan yang disediakan akuntansi keuangan ditunjukkan terutama bagi orang-orang yang berada di luar organisasi.
Auditing
tugas meninjau ulang dan mengevaluasi catatan yang dibutuhkan dalam rangka mempersiapkan laporan keuangan perusahaan dinamakan sebagai auditing.
Akuntansi Pajak
Pajak adalah harga yang kita bayar untuk jalanan, teman, sekolah, perlindungan polisi, militerisasi, dan fungi-fungsi lainnya yang disediakan oleh pemerintah.
Akuntansi Pemerintahan dan Nirlaba
akuntansi pemerintahan dan nirlaba (government and not-for-profit accounting) berguna organisasi yang memiliki tujuan bukan untuk mencari laba, tetapi melayani para pembayar suku bunga, pembayar pajak, dan lainnya sesuai dengan anggaran dasar yang disetujui.

SIKLUS AKUNTANSI
  • Siklus akuntansi (accounting cycle)
  • Pembukuan (bookkeeping).
  • Jurnal (journal).
  • Pembukuan ganda (double-entry bookkeeping).
  • Buku besar (ledger).
  • Neraca saldo (trial balance).
Persamaan Akuntansi Dasar
persamaan akuntansi dasar (fundamental accounting equation) merupakan dasar bagi neraca seperti contoh yang di perlihatkan neraca.
Neraca
Neraca (balance sheet) adalah laporan keuangan yang menunjukkan kondisi keuangan perusahaan pada waktu tertentu.
Pengelolaan Aset
Aset (assets) adalah sumber daya ekonomis (barang bernilai) yang dimiliki perusahaan.Aset mencakup barang-barang yang produktif, berwujud (misalnya peralatan,gedung, tanah, furnitur dan kendaraan bermotor) yang membantu menghasilkan pendapatan dan juga aset tak berwujud yang bernilai.
Akun Kewajiban dan Ekuitas Pemilik
Istilah akuntansi lain yang penting adalah kewajiban. kewajiban (liabilities) adalah apa yang merupakan uatang bisnis kepada pihak lain. kewajiban lancar adalah utang yang jatuh tempo dalam kurun waktu satu tahun atau kurang; kewajiban jangka panjang adalah utang yang tidak akan jatuh tempo dalam kurun waktu satu tahun atau lebih.

MENGANALISIS LAPORAN KEUANGAN: ANALISIS RASIO
Analisis rasio (ration analysis) adalah penilaian kondisi dan kenerja keuangan perusahaan melaluin penghitungan dan penginterpresian rasio keuangan yang dikembangkan dari laporan keuangan perusahaan.

Empat tipe penting rasio yang digunakan bisnis untuk mengukur kinerja keuangan.
  1. Rasio Likuiditas.
  2. Rasio Pengungkit.
  3. Rasio Profitabilitas (kinerja), dan
  4. Rasio Aktivitas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar