Kamis, 06 Desember 2012

MENDISTRIBUSIKAN PRODUK DENGAN CEPAT DAN EFISIEN

MUNCUL PERANTARA PEMASARAN
Perantara pemasaran (marketing intermediaries), dulu disebut middlemen, adalah organisasi-organisasi yang membantu memindahkan barang dan jasa dari produsen pengguna bisnis dan pengguna akhir.Mereka disebutperantara karena berada di antara sekelompok organisasi yang bergabung untuk membantu mendistribusikan barang dari produsen ke konsumen.
saluran distribusi (channel of distribution) terdiri atas seluruh perantara pemasaran, seperti agen calo, perantara grosir dan perantara rintel yang bergabung untuk memindahkan dan menyimpan barang di jalur dari produsen ke konsumen.
Agen/Calo (agents/broker) adalah perantara yang mempertemukan pembeli dan penjual dan membantu merundingkan sebuah transaksi.
Perantara Grosir (wholesaler) adalah perantara pemasaran yang menjual pada orgnisasi lain,seperti pritel, produsen,dan rumah sakit.
Pritel (retailer) adalah organisasi yang menjual kepada konsumen akhir.

UTILITAS YANG DICIPTAKAN PERANTARA
Utilitas (utility), dalam ilmu ekonomi, adalah kemampuan memuaskan keinginan atau nilai yang ditambah organisasi pada barang atau jasa saat produk di buat menjadi lebih bergunaatau lebih mudah di akses konsumen di bandingkan sebelumnya.Ada enam utilitas yang ditambahkan:
  1. Bentuk.
  2. Waktu.
  3. Tempat.
  4. Kepemilikan, dan
  5. Layanan.
walau beberapa utilitas dilakukan terutama oleh produsen tetapi kebanyakan dilakukan oleh perantara pemasaran.

PERANTARA GROSIRAN
Pedagang Grosir
Pedagang grosir (merchan wholesalers) adalah perusahaan-perusahaan independen yang mengambil alih kepemilikan atas barang-barang yang mereka distribusikan. Sekitas 80 persen perantara grosir masuk dalam kategori ini.
Rack jobbers mengisi rak-rak penuh dengan barang dagangan bagi pritel,memanjang produk, dan menjual atas dasar konsinyasi.
Pedagang grosir bayar dan bawa (cash-and-carry wholesalers) terutama melayani pritel-pritel berukuran lebih kecil dengan jenis produk yang lebih terbatas.
Drop shippers meminta pesanan dari para pritel dan perantara grosir lainnya dan lalu mengatur agar barang dagangannya di antar langsung dari produsen ke pembeli.
Agen dan Calo
agen dan calo mempertemukan pembeli dan penjual dan membantu dalam organisasi transaksi, walau demikian tidak sama dengan pedagang grosir, agen dan calo tidak pernah memiliki produk-produk yang didistribusikannya.biasanya mereka tidak melakukan penyimpanan, memberi kredit , atau mengambil risiko.

MEMBANGUN KERJASAMA DALAM SISTEM SALURAN
  • Sistem distribusi korporat
  • sistem distribusi kontrak
  • Sistem produksi yang di atur
  • Rantai Persediaan.
MEMINDAHKAN BARANG DARI PRODUSEN KE KONSUMEN SECARA EFISIEN
Memilih Metode Transportasi Paling Tepat
Kereta cocok untuk mengirim jumlah Besar
persentase barang terbesar di Amerika kereta api merupakan yang terbaik untuk barang-barang berukuran besar, seperti batu bara,gandum, mobil,dan peralatan berat.
Truk cocok untuk pengiriman jumlah kecil ke lokasi-lokasi Jauh
 Mode transportasi darat terbesar ke dua adalah kendaraan bermotor( Truk,van,dan sebagainya).Kendaraan-kendaraan seperti ini menangani lebih dari 25 persen volume barang.

Fungsi Penyimpanan
Orang-orang menginginkan barang di antar dengan cepat saat mereka akhirnya memutuskan untuk membelinya. ini berarti para pemasar harus memiliki persediaan barang diberbagai bagian negara siap untuk dikirim ke wilaya lokal saat di pesan.
Gudang distribusi adalah fasilitas yang digunakan untuk mengumpulkan dan mendistribusikan lagi produk-produk. Anda dapat membayangkan sebuah gudang distribusi untuk FedEx atau UPS menangani ratusan ribu paket dalam waktu yang sangat singkat. paket-paket ini di ambil dari berbagai tempat di seluruh negara dan lalu di proses untuk mengirim kembali digudang-gudang seperti ini . panjangnya hampir setengah mil dan lebarnya 465 kaki-cukup besar untuk menampung hampir 27 lapangan sepak bola.


Melacak Barang
Satu aspek penting dari mengelola arus barang dari produsen ke konsumen adalah melacak keberadaan barang-barang tersebut setiap waktu. Sebagai mana tercantum dalam Bab 14, perusahaan menggunakan Universal Product Codes-kode batang hitam putih yang sudah banyak dikenal dan nomor yang telah di tetapkan-untuk melacak barang persediaan.

MAKNA SEMUA INI BAGI ANDA
Hidup atau matinya perusahaan sering kali  bergantung pada kemampuannya untuk mengambil pesanan, memprosesnya, memberi informasi kepada pelanggan mengenae kemajuan pengerjaan pesanannya, mengantarkan barang dengan cepat pada pelanggan,mengenai pengambilan, dan mengelolah masalah-masalah daur Ulang.
arti semua bagi anda ada banyak pekerjaan baru yang tersedia di bidang manajemen rantai persediaan yang menggairahkan ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar