Jumat, 07 Desember 2012

MENGGUNAKAN TEKNIK-TEKNIK PROMOSI YANG EFEKTIF



PROMOSI DAN BAURAN PROMOSI
Promosi (promotion) adalah usaha-usaha para pemasar untuk memberi informasi dan mengingatkan orang-orang dalam pasar sasaran mengenai produk-produk, dan membujuk mereka untuk ikut serta dalam pertukaran.para pemasar menggunakan banyak alat yang berbeda untuk mempromosikan yang berbeda untuk mempromosikan produk dan jasa.
Bauran promosi (promotion mix) produk di tunjukkan di tengah-tengah gambar untuk melukiskan kenhyataa bahwa rancangan produk dapat menjadi sebuah alat promosi.

IKLAN: PERTEMPURAN UNTUK MENJAGA MINAT KONSUMEN
Iklan (advertising) adalah komonikasi non-personal dengan bayaran melalui berbagai midia oleh organisasi-organisasi dan individu-individu yang dengan satu cara terdentifikasi di dalam pesan.Propaganda adalah komonikasi non-personal yang tidak memliki sponsor terindetifikasi.
Produk (product placement) berarti membayar untuk memasukkan produk-produk dalam acara TV dan film yang produk-produk tersebut akan di lihat.

PENJUALAN PRIBADI: MEMBERIKAN ATENSI PERSONAL
Penjualan  pribadi (personal selling) adalah presentasi dan promosi barang dan jasa secara tatap muka. ini juga berarti mencari prospek-prospek baru dan melanjutkan layanan setelah terjadi penjualan.Penualan efektif tidak sekedar masalah membujuk orang lain untuk membeli.kenyatannya, saat ini, penjualan personal lebih tepat didiskripsikan sebagai membantu orang lain memenuhi keinginan dan kebutuhannya.

Langkah-langkah Dalam Proses Penjualan
Proses penjualan tediri atas tujuh langkah yang dijelaskan dalam paragraf-paragraf berikut ini:
  1. Prospek dan Kualifikasi (Prospect and Qualify).
  2. Pra-pendekatan.
  3. Pendekatan.
  4. Melakukan Presentasi.
  5. Menjawab Keberatan.
  6. Menutup Penjualan,dan
  7. Tidak Lanjut (Follow Up).
PROMOSI PENJUALAN: MENDAPATKAN PENAWARAN YANG BAIK
Promosi penjualan (sales promotion) adalah alat promosi yang menstipulasi pembelian konsumen dan minat diler melalui aktivitas-aktivitas jangka pendek.Aktivitas-aktivitas ini termasuk hal-hal seperti, pemanjangan, pameran dagang, event sponsorships, dan kontes-kontes.
Usaha-usaha promosi penjualan internal di antaranya ialah:
  • Pelatihan penjualan.
  • Pengembangan alat-alat bantu penjualan.
  • Partisipasi.
Sampling
Salah satu alat promosi penjualan yang populer adalah sampling-memberi konsumen contoh kecil dari produk secara gratis. karena banyak konsumen yang tidak mau membeli sebuah produk baru kecuali jika mereka telah berkesempatan melihat atau mencobanya,toko-toko bahan pangan sering kali menempatkan orang-orang di lorong-lorong toko untuk membagikan porsi-porsi kecil dari produk-produk makanan dan minuman.

Bagaimana Teknologi Baru Memengaruhi Promosi
Saat orang-orang membeli barang dan jasa melalui internet, perusahaan menyimpan catatan tentang pembelian-pembelian itu dan mengumpulkan fakta-fakta dan angka-angka mengenai konsumen tersebut.
Karena begitu banyak informasi mengenai konsumen kini tersedia, perusahaan cenderung mengurangi penggunaan alat promosi Tradisional (contohnya iklan televisi) dan membelanjakan lebih banyak uang untuk direct mail dan bentuk-bentuk pemasaran langsung lainnya, termasuk katalog dan Internet.

MENGELOLA BAURAN PROMOSI : MENYATUKAN SEGALANYA
Setiap kelompok sasaran membutuhkan bauran promosi yang berbeda, Contohnya, kelompok-kelompok konsumen yang besar dan homogen biasanya paling efisien di jangkau melalui iklan.Organisasi-organisasi besar paling tepat dijangkau melalui penjualan personal.
Strategi-strategi Promosi
Dalam Push strategy, produsen menggunakan iklan, menjual personal, promosi dan penjualan alat-alat prmosi lainnya untuk menyakinkan para perantara grosir dan peritel agar mau menyimpan persedian barang dan menjual barang dagangan.
Dalam Pull strategy, usaha-usaha iklan dan promosi penjualan besar-besaran ditujukan kepada konsumen, sehingga mereka akan pergi ke toko dan memesan produk.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar