Rabu, 05 Desember 2012

PEMASARAN MEMBANGUN HUBUNGAN PELAGGAN

Evolusi Bidang Pemasaran
Evolusi pemasaran di Amerika Serikat Melibatkan empat era yaitu:
  1. Produksi.
  2. Penjualan.
  3. Konsep pemasaran, dan
  4. Hubungan Pelangan.
Era Produksi dari kali pertama penghuni Eropa memulai perjuangan mereka untuk bertahan hidup di Amerika sampai awal tahun 1900-an , filosofi umum bisnis adalah " produk sebanyak mungkin karena ada pasar yang tidak terbatas."
Era penjualan Pada tahun 1920-an, bisnis telah mengembangkan teknik produksi massa dan kapasitas produksi sering melebihi permintaan pasar langsung. Oleh karena itu, filosofi bisnis berubah dari penekanan pada produksi menjadi penekanan pada penjualan.
Era konsep pemasaran Setelah perang dunia II berakhir, pada tahun 1945, ada banyak permintaan akan barang dan jasa di antara para prajurit yang kembali memulai karier baru dan membina keluarga.
Era Hubungan pelanggan Pada tahun 1990-an dan awal tahun 2000-an, para manajer mengembangkan konsep pemasaran dengan menggunakan konsep manajemen hubungan pelanggan.

Mengembangkan Strategi Promosi yang Efektif
Faktor yang terakhir dari empat P pemasaran adalah Promosi. Promosi (promotion) terdiri atas semua teknik yang digunakan penjual untuk memberi tahu orang-orang dan memotifasi mereka untuk membeli produk atau jasa mereka.
Memberi pemasar informasi
Setiap langkah dalam proses pemasaran bergantung pada informasi yang digunakan untuk membuat keputusan yang tepat.penelitian pemasaran. (marketing research) adalah analisis pasar untuk menentukan peluang dan tantangan, dan untuk mencari informasi yang dibutuhkan untuk membuat keputusan yang baik.

Proses Penelitian Pemasaran
Proses penelitian pemasaran yang disederhanakan terdiri atas setidakna empat langkah:
  • Mendefinisikan pertanyaan (masalah atau peluang) dan menentukan situasi saat ini.
  • Mengumpulkan data.
  • Menganalisis data peneliti.
  • Memilih solusi terbaik dan mengimlpementasikan.
PASAR KONSUMEN
Total pasar konsumen potensial terdiri dari atas lebih dari 6 miliar orang di pasar Global. karena kelompok konsumen sangat berbeda dalam hal usia, tingkat pendidikan, pemasukan, dan selera, bisnis biasanya tidak dapat memenuhi kebutuhan setiap kelompok.

Menjangkau Pasar yang Lebih Kecil
Pemasaran pada ceruk (niche marketing) adalah proses pencarian segmen pasar yang kecil, tetapi menguntungkan dan merancang atau mencari produk untuknya, seberapa kecil segmen ini diilustrasikan oleh Fridgedoor.com. perushaan ini menjual magnet lemari es di internet.perusahaan tersebut memiliki 1.500 persediaan megnet yang berbeda dan menjual sebanyak 400 magnet satu minggu.
Pemasaran satu untuk satu (one-to-one) berartimengembangkan bauran yang unik akan barang dan jasa untuk setiap pelanggan induvidual.

Proses Mengambil Keputusan Konsumen
 Faktor-faktor lain yang penting dalam proses pengambilan keputusan konsumen yang definisi teknisnya dapat jadi tidak familier bagi anda meliputi hal-hal berikut:
  • Pembelajaran.
  • Kelompok referensi.
  • Kultur.
  • subkultur.
  • Ketidak cocokan kognitif
PASAR BISNIS KE BISNIS
Pasar bisnis Ke Bisnis (B2B) meliputi manu faktur; perantara seperti peritel ; institusi dan pemerintah. pasar B2B lebih besar dari pada pasar konsumen karena barang-barang sering di jual dan di jual lagi beberapa kali dalam proses B2B sebelum barang-barang tersebut di jual ke konsumen akhir.

KONSEP ANDA DALAM PEMASARAN
Ada beragam karier yang lebih luas dalam pemasaran ketimbang dalam sebagian besar mata kuliah bisnis. Oleh karena itu, apabila anda ingin mengambil pemasaran sebagai mata pelajaran kuliah pertama, satu susunan opsi karier akan tersedia bagi anda.anda dapan menjadi manajer di toko ritel, seperti saks atau target, anda dapat melakukan penelitian pemasaran atau terlibat dalam manajemen produk.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar