Minggu, 09 Desember 2012

Artikel : Memahami Informasi Keuangan dan Akuntansi


 


Sistem Informasi Akuntansi (SIA) adalah sebuah sistem informasi yang menangani segala sesuatu yang berkenaan dengan Akuntansi. Akuntansisendiri sebenarnya adalah sebuah sistem informasi. Fungsi penting yang dibentuk SIA pada sebuah organisasi antara lain :
  • Mengumpulkan dan menyimpan data tentang aktivitas dan transaksi.
  • Memproses data menjadi into informasi yang dapat digunakan dalam proses pengambilan keputusan.
  • Melakukan kontrol secara tepat terhadap aset organisasi.
Subsistem SIA memproses berbagai transaksi keuangan dan transaksi nonkeuangan yang secara langsung memengaruhi pemrosesan transaksi keuangan.
SIA terdiri dari 3 subsistem:
  • Sistem pemrosesan transaksi
mendukung proses operasi bisnis harian.
  • Sistem buku besar/ pelaporan keuangan
menghasilkan laporan keuangan, seperti laporan laba/rugi, neraca, arus kas, pengembalian pajak.
  • Sistem pelaporan manajemen
yang menyediakan pihak manajemen internal berbagai laporan keuangan bertujuan khusus serta informasi yang dibutuhkan untuk pengambilan keputusan, seperti anggaran, laporan kinerja, serta laporan pertanggungjawaban.
Sistem Informasi Manajemen
Sistem Informasi Manajemen memproses berbagai transaksi non-keuangan yang tidak bisa diproses oleh SIA biasa. tapi bagaimana juga sistem juga di lakukan dengan kerja bersama time…dengan mendukung semua ide dari masing2 group yang melakukan kerja dilapangan…..dan bagaimana kita memberikan semangat yang tinggi buat karyawan….perusahaan
Cara Kerja
Untuk memahami bagaimana SIA bekerja, perlu untuk menjawab beberapa pertanyaan sebagai berikut :
  • Bagaimana mengoleksi data yang berkaitan dengan aktivitas dan transaksi organisasi?
  • Bagaimana mentransformasi data kedalam informasi sehingga manajemen dapat menggunakan untuk menjalankan organisasi?
  • Bagaimana menjamin ketersediaan, keandalan, keakuratan informasi ?
Manfaat
Sebuah SIA menambah nilai dengan cara:
  • Menyediakan informasi yang akurat dan tepat waktu sehingga dapat melakukan aktivitas utama pada value chain secara efektif dan efisien.
  • Meningkatkan kualitas dan mengurangi biaya produk dan jasa yang dihasilkan
  • Meningkatkan efisiensi
  • Meningkatkan kemampuan dalam pengambilan keputusan
  • Meningkatkan sharing knowledge
  • menambah efisiensi kerja pada bagian keuangan

Artikel : Menggunakan Teknik-teknik Promosi yang Efektif

Promosi merupakan kegiatan yang sangat penting untuk kelangsungan usaha Anda. Pasalnya, promosi merupakan suatu kegiatan untuk menginformasikan dan mempengaruhi calon konsumen sehingga tertarik untuk mengunakan produk barang ataupun jasa kita. Dengan banyaknya orang yang tertarik, tentunya akan membuat tingkat pendapatan perusahaan meningkat. 

Dalam promosi diperlukan strategi khusus agar dapat berjalan efektif dan efisien. Berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam melakukan promosi yang disarikan dari entrepreneur.com:

1. Target pasar

Tentukan siapa sebenarnya target pasar yang akan disasar. Dengan penentuan yang tepat, peluang Anda mendapatkan konsumen baru akan semakin besar. 

2. Tempat promosi

Setelah mengetahui target pasar, selanjutnya tentukan di mana target tersebut beraktivitas ataupun bersosialisasi. Di sana Anda dapat memasang iklan atau membagikan brosur.

3. Kekuatan produk

Tawarkan produk atau jasa yang yang menjadi solusi kebutuhan target pasar. Semakin solusi yang ditawarkan sama dengan kebutuhan target pasar maka akan banyak transaksi yang Anda dapatkan. 

4. Keunggulan dibanding pesaing

Pastikan produk Anda memiliki nilai tambah dibanding produk sejenis. Misalnya, pelayanan yang diberikan oleh karyawan penuh dengan suasana kekeluargaandan ada jaminan penggantian apabila produk yang dibeli bermasalah.

Dengan menerapkan empat hal di atas, akan berpengaruh positif terhadap penjualan Anda.

Artikel: Mendistribusikan Produk dengan Cepat dan Efisien

ASPEK PENTING DALAM SALURAN DISTRIBUSI
A. Pengertian Dan Arti Penting Saluran Distribusi
Keputusan mengenai saluran distribusi dalam pemasaran adalah merupakan salah
satu keputusan yang paling kritis yang dihadapi manajemen. Saluran yang dipilih akan
mempengaruhi seluruh keputusan pemasaran yang lainnya. Dalam rangka untuk
menyalurkan barang dan jasa dari produsen kepada konsumen maka perusahaan harus
benar-benar memilih atau menyeleksi saluran distribusi yang akan digunakan, sebab
kesalahan dalam pemilihan saluran distribusi ini dapat menghambat bahkan dapat
memacetkan usaha menyalurkan barang atau jasa tersebut.
Sebelum penulis membahas lebih lanjut tentang saluran distribusi ini, maka ada
baiknya kita lihat beberapa definisi mengenai saluran distribusi ini.
Menurut David A. Revzan bahwa: Saluran distribusi adalah merupakan suatu
jalur yang dilalui oleh arus barang-barang dari produsen ke perantara dan akhirnya
sampai kepada pemakai.
Definisi ini masih bersifat sempit, dan istilah barang sering diartikan sebagai
suatu bentuk fisik.
Menurut Alex S. Nitisemito mengemukakan bahwa: Saluran distribusi adalah
lembaga-lembaga distributor atau lembaga-lembaga penyalur yang mempunyai kegiatan
untuk menyalurkan barang-barang atau jasa-jasa dari produsen ke konsumen
Definisi lain tentang saluran disribusi ini adalah yang dikemukakan oleh: The
American Marketing Association yang juga mengemukakan tentang banyaknya lembaga
yang ada dalam aliran atau arus barang. Defenisi tersebut yaitu: Saluran distribusi
meupakan suatu struktur organisasi dalam perusahaan dan luar perusahaan yang terdiri
dari agen, dealer, pedagang besar dan pengecer, melalui sebuah komoditi, produk atau
jasa yang dipasarkan.
Definisi yang lebih luas mengenai saluran distribusi adalah yang dikemukakan
oleh C. Gleen WaIters sebagai berikut: Saluran distribusi adalah sekelompok pedagang
dan agen perusahaan yang mengkombinasikan antara pemindahan fisik dan nama dari
suatu produk untuk menciptakan kegunaan bagi pasar tertentu.
Dari definisi-definisi tersebut diatas dapat diketahui adanya beberapa unsur
penting, yaitu:
1. Saluran distribusi merupakan jalur yang dipakai oleh produsen untuk
memindahkan produk mereka melalui suatu lembaga yang mereka pilih.
2. Saluran mengalihkan kepemilikan produk baik secara langsung maupun tidak
langsung dan produsen kepada konsumen.
3. Saluran distribusi bertujuan untuk mencapai pasar tertentu. Jadi pasar merupakan
tujuan akhir dari kegiatan saluran.
4. Saluran distribusi merupakan suatu kesatuan dan melaksanakan sistem kegiatan
(fungsi) yang lengkap dalam menyalurkan produk.
Perantara Pedagang
Pada dasarnya perantara pedagang (Merchant Middlemen) ini bertanggung jawab
terhadap pemilikan semua barang yang dipasarkannya. Dalam hubungannya dengan
pemindahan milik, kegiatan perantara pedagang ini berbeda dengan lembaga lain. Yang
termasuk dalam agen seperti: perusahaan transport, perusahaan pergudangan, dan
sebagainya. Adapun lembaga-lembaga yang termasuk dalam golongan perantara
pedagang adalah :
™ Pedagang besar (Wholesaler)
™ Pengecer (Retailer)
Tidak menutup kemungkinan bahwa produsen bertindak sekaligus sebagai
pedagang karena selain membuat barang juga memperdagangkannya.
1. Pedagang Besar
Istilah pedagang besar ini hanya digunakan pada perantara pedagang yang terikat
dengan kegiatan perdagangan besar dan biasanya tidak melayani penjualan eceran kepada
konsumen akhir. Untuk lebih jelasnya definisi dari, Pedagang besar adalah: Sebuah unit
usaha yang membeli dan menjual kembali barang-barang kepada pengecer dan pedagang
lain dan/atau kepada pemakai industri, pemakai lembaga, dan pemakai komersial yang
tidak menjual dalam volume yang sama kepada konsumen akhir.

Perdagangan eceran meliputi semua kegiatan yang berhubungan secara langsung
dengan penjualan barang atau jasa kepada konsumen akhir untuk keperluan pribadi
(bukan untuk keperluan usaha). Namun demikian tidak tertutup kemungkinan adanya
penjualan secara langsung dengan para pemakai industri karena tidak semua barang
industri selalu dibeli dalam jumlah besar. Secara definisi dapat dikatakan bahwa:
Pengecer adalah: sebuah lembaga yang melakukan kegiatan usaha menjual barang kepada
konsumen akhir untuk keperluan pribadi.
Perantaraan Agen
Perantara agen (Agen Middlemen) ini dibedakan dengan perantara pedagang
karena tidak mempunyai hak milik atas semua barang yang ditangani. Untuk lebih
jelasnya definisi agen adalah: Lembaga yang melakasanakan perdagangan dengan
menyediakan jasa-jasa atau fungsi khusus yang berhubungan dengan penjualan atau
distribusi barang, tetapi mereka tidak mempunyai hak untuk memiliki barang yang di
perdagangkan.
Pada dasarnya perantara agen dapat digolongkan kepada dua golongan, yakni:
• Agen Penunjang ( Facilitating Agent)
• Agen Pelengkap ( Supplemental Agent)
1. Agen Penunjang
Agen penunjang merupakan agen yang mengkhususkan kegiatannya dalam
beberapa aspek pemindahan barang dan jasa. Mereka terbagi dalam beberapa golongan,
yaitu:
a. Agen pengangkutan borongan (Bulk Transportation Agent)
b. Agen penyimpanan (Storage Agent)
c. Agen pengankutan khusus (Specialty Shipper)
d. Agen pembelian dua penjualan (Purchase and sales agent)
Kegiatan agen penunjang adalah membantu untuk memindahkan barang-barang
sedemikian rupa sehingga mengadakan hubungan langsung dengan pembeli dua penjual.
Jadi agen penunjang ini melayani kebutuhan-kebutuhan dari setiap kelompok secara
serempak. Dalam praktek agen semacam ini dapat dilakukan sendiri oleh sipenerima
barang.
2. Agen Pelengkap
Agen Pelengkap berfungsi melaksanakan jasa-jasa tambahan dalam penyaluran
barang dengan tujuan memperbaiki adanya kekurangan-kekurangan. Apabila pedagang
atau lembaga lain tidak dapat melaksanakan kegiatan-kegiatan yang berhubungan dengan
penyaluran barang, maka agen pelengkap dapat menggantikannya. Jasa-jasa yang
dilakukannya antara lain berupa:
1. Jasa pembimbingan / konsultasi
2. Jasa Finansial
3. Jasa Informasi
4. Jasa khusus lainnya
Berdasarkan bermacam jasa yang mereka tawarkan tersebut, agen pelengkap
dapat digolongkan kedalam :
a. Agen yang membantu dibidang keuangan, seperti bank
b. Agen yang membantu dalam mengambil keputusan, seperti biro iklan, lembaga
penelitian, dokter dan sebagainya
c. Agen yang membantu dalam penyediaan informasi, seperti televisi, surat kabar,
radio, dan sebagainya.
d. Agen khusus yang tidak masuk dalam tiga golongan dimuka.
Kedua macam perantara (Agen dan pedagang) tersebut sama-sama pentingnya
dalam pemasaran. Perlu diketahui bahwa agen dapat menyewa agen-agen yang lain.
Sebagai contoh: Sebuah biro periklanan dapat menggunakan radio atau televisi sebagai
media periklanan bagi perusahaan, begitu pula dalam hal pengangkutan, perusahaan
angkutan dapat menyewa alat-alat transport kepada perusahaan lain.
B. Faktor – Faktor Distribusi Yang Mempengaruhi Pemilihan Saluran
Produsen harus mempertimbangkan berbagai macam faktor yang sangat
berpengaruh dalam pemilihan saluran distribusinya. Pemilihan saluran distribusi yang
efektif akan mampu mendorong peningkatan penjualan yang diharapkan, sehingga
kelangsungan hidup perusahaan dapat terjamin.
Faktor-faktor tersebut antara lain menyangkut :
1. Pertimbangan Pasar (Market Consideration)
2. Pertimbangan Barang (Product Consideration)
3. Pertimbangan Perusahaan (Company Consideration)
4. Pertimbangan Perantara (Middle Consideration)
1. Pertimbangan Pasar (Market Consideration)
Saluran distribusi sangat dipengaruhi oleh pola pembelian konsumen, oleh karena
itu keadaan pasar merupakan faktor penentu dalam pemilihan saluran tersebut.
Beberapa faktor pasar yang harus diperhatikan adalah:
a) Konsumen atau pasar industri
Apabila pasarnya berupa pasar industri, maka pengecer jarang atau bahkan tidak
pernah digunakan dalam saluran ini. Jika pasarnya berupa konsumen dan pasar
industri, perusahaan akan menggunakan lebih dari satu saluran.
b) Jumlah pembeli potensial
Jika jumlah konsumen relatif kecil dalam pasarnya, maka perusahaan dapat
mengadakan penjualan secara langsung kepada pemakai.
c) Konsentrasi pasar secara geografis
Secara geografis, pasar dapat dibagi kedalam beberapa konsentrasi seperti: industri
tekstil, industri kertas, dan sebagainya. Untuk daerah konsentrasi yang mempunyai
tingkat kepadatan yang tinggi maka perusahaan dapat menggunakan distributor
industri.
d) Jumlah pesanan
Volume penjualan dari sebuah perusahaan akan sangat berpengaruh terhadap saluran
yang dipakainya. Jika volume yang dibeli oleh pemakai industri tidak begitu besar,
atau relatif kecil, maka perusahaan dapat menggunakan distributor industri.
e) Kebiasaan dalam pembelian
Kebiasaan membeli dari konsumen akhir dan pemakai industri sangat berpengaruh
pula terhadap kebijaksanaan dalam penyaluran. Termasuk dalam kebiasaan membeli
ini, antara lain:
™ Kemauan untuk membelanjakan uangnya
™ Tertariknya pada pembelian dengan kredit
™ Lebih senang melakukan pembelian yang tidak berkali-kali
™ Tertariknya pada pelayanan penjual
2. Pertimbangan Barang
Beberapa faktor yang harus dipertimbangkan dari segi barang ini antara lain:
a. Nilai unit
Jika nilai unit dari barang yang dijual relatif rendah, maka produsen cenderung untuk
menggunakan saluran distribusi yang panjang. Tetapi sebaliknya, jika nilai unitnya
relatif tinggi, maka saluran distribusinya pendek atau langsung.
b. Besar dan berat barang
Manajemen harus mempertimbangkan ongkos angkut dalam hubungannya dengan
nilai barang secara keseluruhan, dimana besar dan berat barang sangat menentukan.
Jika ongkos angkut terlalu besar dibandingkan dengan nilai barangnya, sehingga
terdapat beban yang berta bagi perusahaan, maka sebahagian beban tersebut dapat
dialihkan kepada perantara. Jadi, perantara dapat menanggung sebagian dari ongkos
angkut.
c. Mudah rusaknya barang
Jika barang yang yang dijual mudah rusak, maka perusahaan tidak perlu
menggunakan perantara. Jika ingin menggunakan maka harus dipilih perantara yang
memiliki fasilitas penyimpanan yang cukup baik.
d. Sifat teknis
Beberapa jenis barang industri seperti instalasi, biasanya disalurkan secara langsung
kepada pemakai industri. Dalam hal ini produsen harus mempunyai penjual yang
dapat menerangkan berbagai masalah teknis penggunaan dan pemeliharaannya.
Mereka juga harus dapat memberikan pelayanan, baik sebelum, maupun sesudah
penjualan. Pekerjaan semacam ini jarang sekali bahkan tidak pernah dilakukan oleh
pedagang besar/grosir.
e. Barang standard dan pesanan
Jika barang yang dijual berupa barang standard, maka dipelihara sejumlah persediaan
pada penyalur. Demikian sebaliknya, kalau barang dijual berdasarkan pesanan, maka
penyalur tidak perlu memelihara persediaan.
f. Luasnya product line
Jika perusahaan hanya membuat satu macam barang saja, maka penggunaan
pedagang besar sebagai penyalur adalah baik. Tetapi, jika macam barangnya banyak,
maka perusahaan dapat menjual langsung kepada pengecer.
Pertimbangan Perusahaan
Dari segi perusahaan beberapa faktor yang perlu dipertimbangkan adalah:
a) Sumber pembelanjaan
Penggunaan saluran distribusi langsung atau yang pendek biasanya memerlukan
jumlah dana yang lebih besar. Oleh karena itu saluran distribusi pendek ini
kebanyakan hanya dilakukan oleh perusahaan yang kuat dibidang keuangannya.
Perusahaan yang tidak kuat kondisi keuangannya akan cenderung menggunakan
saluran distribusi yang lebih panjang.
b) Pengalaman dan kemampuan manajemen
Biasanya perusahaan yang menjual barang baru, atau ingin memasuki pasaran baru,
lebih suka menggunakan perantara. Hal ini disebabkan karena umumnya cara
perantara sudah mempunyai pengalaman, sehingga manajemen dapat mengambil
pelajaran dari mereka.
c) Pengawasan saluran
Faktor pengawasan saluran kadang-kadang menjadi pusat perhatian produsen dalam
kebijaksanaan saluran distribusinya. Pengawasan akan lebih mudah dilakukan jika
saluran distribusinya pendek. Jadi yang ingin mengawasi penyaluran barangnya
cenderung memilih saluran yang pendek walaupun ongkosnya tinggi.
d) Pelayanan yang diberikan oleh penjual
Jika produsen ingin memberikan pelayanan yang lebih baik, seperti membangun
ruang peragaan, mencarikan pembeli untuk perantara, maka akan banyak perantara
yang bersedia menjadi penyalurnya.
4. Pertimbangan Perantara
Dari segi perantara beberapa faktor yang pertu dipertimbangkan adalah:
a) Pelayanan yang diberikan oleh perantara
Jika perantara ingin memberikan pelayanan yang lebih baik, misalnya dengan
menyediakan fasilitas penyimpanan, maka produsen akan bersedia menggunakannya
sebagai penyalur.
b) Kegunaan perantara
Perantara akan digunakan sebagai penyalur, apabila ia dapat membawa barang
produsen dalam persaingan, dan selalu mempunyai inisiatif untuk memberikan usul
tentang barang baru.
c) Sikap perantara terhadap kebijaksanaan produsen
Kalau perantara bersedia menerima resiko yang dibebankan oleh produsen, misalnya
resiko turunnya harga, maka produsen memilihnya sebagai penyalur. Hal ini dapat
memperingan tanggung jawab produsen dalam menghadapi berbagai macam resiko.
d) Volume penjual
Dalam hal ini produsen cenderung memilih perantara yang dapat menawarkan
barangnya dalam volume yang besar untuk jangka waktu yang lama.
e) Ongkos
Jika ongkos dalam penyaluran barang dapat lebih ringan dengan digunakannya
perantara, maka hal ini dapat dilaksanakan terus.

Artikel:Pemasaran Membangun Hubungan Pelanggan

Customer Relationship Management (CRM) merujuk kepada metodologi dan alat-alat yang dapat membantu perusahaan dalam mengelola hubungan pelanggan dengan cara yang terorganisir.
CRM proses yang membantu mengidentifikasi dan mengelola pelanggan yang terbaik pelanggan tidaklah semua sama), menghasilkan kualitas penjualan dan layanan yang sesuai dengan harapan dan keinginan pelanggan) , dan merencanakan dan melaksanakan kegiatan dan aktifitas pemasaran dengan jelas akan tujuan dan sasarannya.
CRM yang membantu proses individual bentuk hubungan dengan pelanggan (untuk meningkatkan kepuasan pelanggan) dan menyediakan tingkat layanan pelanggan yang paling menguntungkan dan mudah diterapkan oleh pelanggan.
CRM adalah serangkaian proses dengan karyawan yang memberikan informasi yang mereka perlu tahu untuk dapat disampaikan kepada pelanggan : keinginan dan kebutuhan, dan senatiasa lebih mudah untu membangun hubungan antara perusahaan dan pelanggan perlunya pengelolaan data dan informasi pelanggan dengan baik).
Manajemen hubungan pelanggan termasuk perangkat lunak dan alat-alat browser berbasis aplikasi yang mengatur dan mengumpulkan informasi tentang pelanggan.
Misalnya, sebagai bagian dari strategi mereka CRM, bisnis mungkin menggunakan database pelanggan informasi untuk membantu membangun sebuah survei kepuasan pelanggan, atau memutuskan produk baru yang mungkin diinginkan oleh pelanggan dalam tujuan pelanggan akan tertarik dengannya ataupun dengan melakukan perbaikan proses bisnis yang telah ada sesuai dengan situasi pasar, persaingan dan inovasi dari perusahaan.
CRM begitu penting dan sangat menentukan pada saat ini, kita semua sadar arti pentingnya pelanggan kepada maju mundurnya suatu bisnis. Mari kita lihat pasar : situasi persaingan, pelayanan dan beragam kemudahan yang mudah didapatkan oleh pelanggan saat ini adalah contoh kongkrit bagaimana CRM telah bekerja dan dijalankan.
Pemimpin bisnis harus melakukan empat hal untuk memiliki hubungan pelanggan menguntungkan.
  1. Anda harus terus menarik (menguntungkan) pelanggan baru di sektor industri yang telah diidentifikasi dalam rencana strategis Anda.
  2. Anda harus aktif mempertahankan (menguntungkan) Anda pelanggan saat ini dan membangun kembali hubungan dengan pelanggan masa lalu.
  3. Anda harus menyesuaikan produk dan jasa untuk lebih memenuhi harapan pelanggan dan kebutuhan Anda.
  4. Karyawan Anda harus terus dilatih dan dihargai untuk memberikan layanan pelanggan yang luar biasa.




Pelanggan Baru: sektor industri ini yang telah diidentifikasi untuk pertumbuhan dalam rencana strategis Anda harus diimplementasikan di seluruh perusahaan Anda. Tim penjualan Anda harus memiliki struktur komisi yang dirancang untuk mencerminkan (dan pahala) ditutup penjualan di industri Anda telah berkomitmen untuk mengejar. Bila Anda pemasaran dan penjualan ke pasar baru Anda, Anda perlu memastikan bahwa produk dan layanan yang Anda tawarkan adalah menguntungkan. Dengan kata lain, Anda harus melakukan analisis profitabilitas pelanggan pada awal penjualan, dan secara berkala selama siklus penjualan. Terlalu banyak perusahaan fokus dolar pemasaran mereka pada pelanggan mereka yang generator pendapatan terbesar. Ingat keuntungan pendapatan dikurangi biaya, sehingga Anda perlu memastikan bahwa semua hubungan pelanggan Anda yang menghasilkan hasil yang Anda awalnya diproyeksikan.
Pelanggan saat ini dan masa lalu: Anda bekerja keras untuk menarik pelanggan baru untuk bisnis Anda dan tahu bahwa Anda harus terus bekerja untuk membangun dan memperkuat hubungan Anda buat. Semakin banyak Anda tahu tentang organisasi pelanggan Anda, kebiasaan mereka membeli dan pola, rencana pertumbuhan mereka dan operasi mereka, semakin sukses Anda akan berada dalam hubungan Anda merancang program untuk memenuhi kebutuhan mereka. Tujuannya adalah untuk menjadi begitu akrab dan menjadi begitu sangat diperlukan untuk pelanggan Anda bahwa perusahaan Anda adalah satu-satunya yang mereka pertimbangkan ketika membeli produk dan jasa.


Sesuaikan program Anda. Teknologi telah menawarkan kita segudang kendaraan komunikasi untuk menjangkau khalayak target kami. Teknologi adalah alat untuk mendukung layanan pelanggan untuk tidak menggantinya. Selalu memberikan pelanggan Anda pilihan untuk berbicara dengan seorang manusia. Saya tahu bahwa memiliki spesialis layanan pelanggan terlatih dapat menambah biaya ke baris bawah, tapi pikirkan berapa banyak bisnis Anda kehilangan, dengan tidak memiliki seseorang untuk mengunjungi dengan pelanggan Anda ketika mereka membutuhkan bantuan, memiliki pertanyaan atau keluhan yang perlu diselesaikan .
Dalam rangka untuk melebihi harapan pelanggan Anda, Anda harus menggunakan teknologi dan pemasaran cerdas untuk menyesuaikan hubungan Anda dengan setiap pelanggan. Pastikan Anda CRM (customer hubungan manajer) program yang terintegrasi dengan program kontak Anda pelanggan dan Anda bekerja dengan pelanggan Anda untuk memahami bagaimana dan kapan mereka ingin dihubungi. Semakin banyak Anda tahu tentang pelanggan individu Anda dan dapat menyesuaikan pemasaran dan program penjualan untuk memenuhi kebutuhan mereka, hubungan Anda lebih kuat pelanggan.
Karyawan: Orang-orang memperlakukan orang-orang seperti mereka diperlakukan. Dalam rangka untuk memberikan layanan pelanggan yang luar biasa (harus persyaratan untuk setiap karyawan dalam organisasi Anda), Anda perlu memastikan bahwa nilai-nilai inti Anda secara khusus untuk organisasi alamat komitmen Anda kepada pelanggan Anda dan karyawan Anda. Pelanggan dan kepuasan karyawan saling terkait dan para pemimpin bisnis harus mengakui dan menghargai karyawan untuk nilai mereka terus menambah organisasi. Ketika sesuatu yang salah, karyawan Anda membutuhkan pelatihan dan sumber daya untuk mengubah pelanggan yang tidak puas Anda, menjadi pelanggan senang, puas, dan ulangi. Pastikan Anda memiliki resolusi tangga di tempat, sehingga pelanggan yang tidak senang dapat langsung dihubungkan dengan seseorang yang memiliki wewenang untuk menyelesaikan masalah mereka.

Artikel: Mengembangkan dan Menentukan Harga Produk dan Jasa

Salah satu hal yang paling menantang bagi anda selaku marketing professional atau pengusaha adalah memberikan harga yang tepat untuk produk anda. Seringkali seseorang tidak memiliki strategi yang nyata dalam menentukan harga produk atau memahami nilai yang diterima yang dapat diciptakan oleh harga.
Ketika mempertimbangkan bagaimana menentukan harga sebuah prioduk, ada sejumlah metode untuk menentukan harga awalnya. Yang paling populer adalah zero sum pricing dan competitive pricing. Mereka yang menjual harganya dengan metode zero sum biasanya memulai pada nol, menambahkan semua biaya termasuk manufaktur, overhead, dsb, ditambah beberapa jenis margin untuk mencapai harga awal. Margin yang digunakan dalam kalkulasi ini berdasarkan norma-norma industri atau margin yang sudah ada untuk produk serupa.
Competitive pricing adalah metode dimana anda mengevaluasi produk yang dijual kompetitor dan harganya. Jika produk atau jasa anda serupa atau sama, anda ingin memberikan harga yang sama untuk area yang sama. Jika produk anda berbeda, anda akan menyesuaikan harga atas atau bawah berdasarkan fitur, benefit, dan nilai yang diberikan.
Model lainnya disebut dengan premium pricing, yang digunakan ketika menentukan harga kompetitif. Perusahaan seperti Cadillac menggunakan premium pricing. Metode ini mengenakan‘top dollar’ untuk produk yang lebih baik atau bermutu. Contoh lainnya adalah Rolex. Tidak menunjukkan waktu yang lebih baik daripada Seiko namun harganya sangat tinggi.
Ketika anda menentukan metode penentuan harga, langkah berikutnya adalah mengembangkan opsi multiple pricing . Seringkali terjadi, perusahaan berhenti pada pemilihan metode penentuan harga. Para profesional marketing tahu bahwa satu-satunya jalan untuk mengoptimalkakn harga adalah melalui harga bertingkat dan pengujian.
Banyak individu yang memberikan harga produknya hanya dengan perkiraan. Pembicaraan biasanya berlangsung seperti ini, “Berapa seharusnya saya memberikan harga?” “Saya tidak tahu, apakah kompetitor X mengenakan $39.95? Kalau begitu kita jual $34.95 sehingga produk kita bisa laku”. 90% harga produk diluar sana ditentukan demikan.
Metode ini bisa digunakan jika setelah anda mengevaluasi biaya dan dapat memberikan harga yang lebih rendah. Namun, dengan opsi penentuan harga memungkinkan anda mengenakan harga yang lebih tinggi dan rendah atas produk yang diberikan dibandingkan dengan kompetitor anda.
Sebagai ilustrasi opsi penentuan harga, kita gunakan contoh yang populer, restoran fast food. Fast food menetapkan harga yang bertingkat sepanjang waktu . Apakah anda memilih single hamburger, double hamburger, atau triple? minuman berukuran kecil, sedang atau medium? Tidak dapat dilepaskan dari industri, apakah produk atau jasa, anda harus memberikan opsi bagi konsumen.
Sejumlah klien saya mengatakan bahwa mereka tidak dapat menawarkan penentuan harga yang demikian. Saat saya tanya kenapa, jawabannya bahwa produk mereka satu ukuran. Jika kasusnya demikian, tentukan bagaimana anda dapat menawarkan kenaikan produk. Seorang penata taman dapat memberikan tambahan servis seperti perawatan tanaman, dekor pesta kebun. Penerbit online dapat memberikan paket dasar atau premium. Semuanya ada di mind set.

Kesimpulan
Saat mengembangkan strategi penentuan harga, pahami biaya langsung dan variabel yang terkait dengan produk anda, lingkungan yang kompetitif, dan ragam kebutuhan segmen market. Kemudian anda dapat mengembangkan strategi penentuan harga yang bagus. Pilihlah strategi yang anda yakini sesuai dengan pasar anda dan uji,uji, uji. Pastikan menawarkan harga bertingkat untuk memberikan pilihan bagi prosepek anda dan mengoptimalkan harga anda.
Itroduction
Saya membuat blogspot ini untuk menyelesaikan tugas pengantar bisnis
Nama Irwan Susanto
Nim 2012210326

Sabtu, 08 Desember 2012

MEMAHAMI INFORMASI KEUANGAN DAN AKUNTANSI

PENTINGNYA INFORMASI AKUNTANSI
Informasi keuangan terutama berdasarkan pada informasi yang diperoleh dari Akuntansi
Akuntansi (accounting) adalah perencanaan, pengklafisikasian, peringkasan, dan penginterpretasian segala kejadian dan transaksi keuangan untuk memberikan informasikepada manajemen dan pihak berkepentingan lain yang membutuhkan sebagai dasar untuk mengambil keputusan.
AREA AKUNTANSI
Akuntansi Manajerial (managerial accounting) digunakan untuk menyediakan informasi dan analisis bagi para manajer di dalam organisasi untuk membantu mereka dalam membuat keputusan.
Akuntansi Keuangan (finacial accounting) berbedadalam organisasi manajerial dalam hal informasi dan analisis keuangan yang disediakan akuntansi keuangan ditunjukkan terutama bagi orang-orang yang berada di luar organisasi.
Auditing
tugas meninjau ulang dan mengevaluasi catatan yang dibutuhkan dalam rangka mempersiapkan laporan keuangan perusahaan dinamakan sebagai auditing.
Akuntansi Pajak
Pajak adalah harga yang kita bayar untuk jalanan, teman, sekolah, perlindungan polisi, militerisasi, dan fungi-fungsi lainnya yang disediakan oleh pemerintah.
Akuntansi Pemerintahan dan Nirlaba
akuntansi pemerintahan dan nirlaba (government and not-for-profit accounting) berguna organisasi yang memiliki tujuan bukan untuk mencari laba, tetapi melayani para pembayar suku bunga, pembayar pajak, dan lainnya sesuai dengan anggaran dasar yang disetujui.

SIKLUS AKUNTANSI
  • Siklus akuntansi (accounting cycle)
  • Pembukuan (bookkeeping).
  • Jurnal (journal).
  • Pembukuan ganda (double-entry bookkeeping).
  • Buku besar (ledger).
  • Neraca saldo (trial balance).
Persamaan Akuntansi Dasar
persamaan akuntansi dasar (fundamental accounting equation) merupakan dasar bagi neraca seperti contoh yang di perlihatkan neraca.
Neraca
Neraca (balance sheet) adalah laporan keuangan yang menunjukkan kondisi keuangan perusahaan pada waktu tertentu.
Pengelolaan Aset
Aset (assets) adalah sumber daya ekonomis (barang bernilai) yang dimiliki perusahaan.Aset mencakup barang-barang yang produktif, berwujud (misalnya peralatan,gedung, tanah, furnitur dan kendaraan bermotor) yang membantu menghasilkan pendapatan dan juga aset tak berwujud yang bernilai.
Akun Kewajiban dan Ekuitas Pemilik
Istilah akuntansi lain yang penting adalah kewajiban. kewajiban (liabilities) adalah apa yang merupakan uatang bisnis kepada pihak lain. kewajiban lancar adalah utang yang jatuh tempo dalam kurun waktu satu tahun atau kurang; kewajiban jangka panjang adalah utang yang tidak akan jatuh tempo dalam kurun waktu satu tahun atau lebih.

MENGANALISIS LAPORAN KEUANGAN: ANALISIS RASIO
Analisis rasio (ration analysis) adalah penilaian kondisi dan kenerja keuangan perusahaan melaluin penghitungan dan penginterpresian rasio keuangan yang dikembangkan dari laporan keuangan perusahaan.

Empat tipe penting rasio yang digunakan bisnis untuk mengukur kinerja keuangan.
  1. Rasio Likuiditas.
  2. Rasio Pengungkit.
  3. Rasio Profitabilitas (kinerja), dan
  4. Rasio Aktivitas.

Jumat, 07 Desember 2012

MENGGUNAKAN TEKNIK-TEKNIK PROMOSI YANG EFEKTIF



PROMOSI DAN BAURAN PROMOSI
Promosi (promotion) adalah usaha-usaha para pemasar untuk memberi informasi dan mengingatkan orang-orang dalam pasar sasaran mengenai produk-produk, dan membujuk mereka untuk ikut serta dalam pertukaran.para pemasar menggunakan banyak alat yang berbeda untuk mempromosikan yang berbeda untuk mempromosikan produk dan jasa.
Bauran promosi (promotion mix) produk di tunjukkan di tengah-tengah gambar untuk melukiskan kenhyataa bahwa rancangan produk dapat menjadi sebuah alat promosi.

IKLAN: PERTEMPURAN UNTUK MENJAGA MINAT KONSUMEN
Iklan (advertising) adalah komonikasi non-personal dengan bayaran melalui berbagai midia oleh organisasi-organisasi dan individu-individu yang dengan satu cara terdentifikasi di dalam pesan.Propaganda adalah komonikasi non-personal yang tidak memliki sponsor terindetifikasi.
Produk (product placement) berarti membayar untuk memasukkan produk-produk dalam acara TV dan film yang produk-produk tersebut akan di lihat.

PENJUALAN PRIBADI: MEMBERIKAN ATENSI PERSONAL
Penjualan  pribadi (personal selling) adalah presentasi dan promosi barang dan jasa secara tatap muka. ini juga berarti mencari prospek-prospek baru dan melanjutkan layanan setelah terjadi penjualan.Penualan efektif tidak sekedar masalah membujuk orang lain untuk membeli.kenyatannya, saat ini, penjualan personal lebih tepat didiskripsikan sebagai membantu orang lain memenuhi keinginan dan kebutuhannya.

Langkah-langkah Dalam Proses Penjualan
Proses penjualan tediri atas tujuh langkah yang dijelaskan dalam paragraf-paragraf berikut ini:
  1. Prospek dan Kualifikasi (Prospect and Qualify).
  2. Pra-pendekatan.
  3. Pendekatan.
  4. Melakukan Presentasi.
  5. Menjawab Keberatan.
  6. Menutup Penjualan,dan
  7. Tidak Lanjut (Follow Up).
PROMOSI PENJUALAN: MENDAPATKAN PENAWARAN YANG BAIK
Promosi penjualan (sales promotion) adalah alat promosi yang menstipulasi pembelian konsumen dan minat diler melalui aktivitas-aktivitas jangka pendek.Aktivitas-aktivitas ini termasuk hal-hal seperti, pemanjangan, pameran dagang, event sponsorships, dan kontes-kontes.
Usaha-usaha promosi penjualan internal di antaranya ialah:
  • Pelatihan penjualan.
  • Pengembangan alat-alat bantu penjualan.
  • Partisipasi.
Sampling
Salah satu alat promosi penjualan yang populer adalah sampling-memberi konsumen contoh kecil dari produk secara gratis. karena banyak konsumen yang tidak mau membeli sebuah produk baru kecuali jika mereka telah berkesempatan melihat atau mencobanya,toko-toko bahan pangan sering kali menempatkan orang-orang di lorong-lorong toko untuk membagikan porsi-porsi kecil dari produk-produk makanan dan minuman.

Bagaimana Teknologi Baru Memengaruhi Promosi
Saat orang-orang membeli barang dan jasa melalui internet, perusahaan menyimpan catatan tentang pembelian-pembelian itu dan mengumpulkan fakta-fakta dan angka-angka mengenai konsumen tersebut.
Karena begitu banyak informasi mengenai konsumen kini tersedia, perusahaan cenderung mengurangi penggunaan alat promosi Tradisional (contohnya iklan televisi) dan membelanjakan lebih banyak uang untuk direct mail dan bentuk-bentuk pemasaran langsung lainnya, termasuk katalog dan Internet.

MENGELOLA BAURAN PROMOSI : MENYATUKAN SEGALANYA
Setiap kelompok sasaran membutuhkan bauran promosi yang berbeda, Contohnya, kelompok-kelompok konsumen yang besar dan homogen biasanya paling efisien di jangkau melalui iklan.Organisasi-organisasi besar paling tepat dijangkau melalui penjualan personal.
Strategi-strategi Promosi
Dalam Push strategy, produsen menggunakan iklan, menjual personal, promosi dan penjualan alat-alat prmosi lainnya untuk menyakinkan para perantara grosir dan peritel agar mau menyimpan persedian barang dan menjual barang dagangan.
Dalam Pull strategy, usaha-usaha iklan dan promosi penjualan besar-besaran ditujukan kepada konsumen, sehingga mereka akan pergi ke toko dan memesan produk.


Kamis, 06 Desember 2012

MENDISTRIBUSIKAN PRODUK DENGAN CEPAT DAN EFISIEN

MUNCUL PERANTARA PEMASARAN
Perantara pemasaran (marketing intermediaries), dulu disebut middlemen, adalah organisasi-organisasi yang membantu memindahkan barang dan jasa dari produsen pengguna bisnis dan pengguna akhir.Mereka disebutperantara karena berada di antara sekelompok organisasi yang bergabung untuk membantu mendistribusikan barang dari produsen ke konsumen.
saluran distribusi (channel of distribution) terdiri atas seluruh perantara pemasaran, seperti agen calo, perantara grosir dan perantara rintel yang bergabung untuk memindahkan dan menyimpan barang di jalur dari produsen ke konsumen.
Agen/Calo (agents/broker) adalah perantara yang mempertemukan pembeli dan penjual dan membantu merundingkan sebuah transaksi.
Perantara Grosir (wholesaler) adalah perantara pemasaran yang menjual pada orgnisasi lain,seperti pritel, produsen,dan rumah sakit.
Pritel (retailer) adalah organisasi yang menjual kepada konsumen akhir.

UTILITAS YANG DICIPTAKAN PERANTARA
Utilitas (utility), dalam ilmu ekonomi, adalah kemampuan memuaskan keinginan atau nilai yang ditambah organisasi pada barang atau jasa saat produk di buat menjadi lebih bergunaatau lebih mudah di akses konsumen di bandingkan sebelumnya.Ada enam utilitas yang ditambahkan:
  1. Bentuk.
  2. Waktu.
  3. Tempat.
  4. Kepemilikan, dan
  5. Layanan.
walau beberapa utilitas dilakukan terutama oleh produsen tetapi kebanyakan dilakukan oleh perantara pemasaran.

PERANTARA GROSIRAN
Pedagang Grosir
Pedagang grosir (merchan wholesalers) adalah perusahaan-perusahaan independen yang mengambil alih kepemilikan atas barang-barang yang mereka distribusikan. Sekitas 80 persen perantara grosir masuk dalam kategori ini.
Rack jobbers mengisi rak-rak penuh dengan barang dagangan bagi pritel,memanjang produk, dan menjual atas dasar konsinyasi.
Pedagang grosir bayar dan bawa (cash-and-carry wholesalers) terutama melayani pritel-pritel berukuran lebih kecil dengan jenis produk yang lebih terbatas.
Drop shippers meminta pesanan dari para pritel dan perantara grosir lainnya dan lalu mengatur agar barang dagangannya di antar langsung dari produsen ke pembeli.
Agen dan Calo
agen dan calo mempertemukan pembeli dan penjual dan membantu dalam organisasi transaksi, walau demikian tidak sama dengan pedagang grosir, agen dan calo tidak pernah memiliki produk-produk yang didistribusikannya.biasanya mereka tidak melakukan penyimpanan, memberi kredit , atau mengambil risiko.

MEMBANGUN KERJASAMA DALAM SISTEM SALURAN
  • Sistem distribusi korporat
  • sistem distribusi kontrak
  • Sistem produksi yang di atur
  • Rantai Persediaan.
MEMINDAHKAN BARANG DARI PRODUSEN KE KONSUMEN SECARA EFISIEN
Memilih Metode Transportasi Paling Tepat
Kereta cocok untuk mengirim jumlah Besar
persentase barang terbesar di Amerika kereta api merupakan yang terbaik untuk barang-barang berukuran besar, seperti batu bara,gandum, mobil,dan peralatan berat.
Truk cocok untuk pengiriman jumlah kecil ke lokasi-lokasi Jauh
 Mode transportasi darat terbesar ke dua adalah kendaraan bermotor( Truk,van,dan sebagainya).Kendaraan-kendaraan seperti ini menangani lebih dari 25 persen volume barang.

Fungsi Penyimpanan
Orang-orang menginginkan barang di antar dengan cepat saat mereka akhirnya memutuskan untuk membelinya. ini berarti para pemasar harus memiliki persediaan barang diberbagai bagian negara siap untuk dikirim ke wilaya lokal saat di pesan.
Gudang distribusi adalah fasilitas yang digunakan untuk mengumpulkan dan mendistribusikan lagi produk-produk. Anda dapat membayangkan sebuah gudang distribusi untuk FedEx atau UPS menangani ratusan ribu paket dalam waktu yang sangat singkat. paket-paket ini di ambil dari berbagai tempat di seluruh negara dan lalu di proses untuk mengirim kembali digudang-gudang seperti ini . panjangnya hampir setengah mil dan lebarnya 465 kaki-cukup besar untuk menampung hampir 27 lapangan sepak bola.


Melacak Barang
Satu aspek penting dari mengelola arus barang dari produsen ke konsumen adalah melacak keberadaan barang-barang tersebut setiap waktu. Sebagai mana tercantum dalam Bab 14, perusahaan menggunakan Universal Product Codes-kode batang hitam putih yang sudah banyak dikenal dan nomor yang telah di tetapkan-untuk melacak barang persediaan.

MAKNA SEMUA INI BAGI ANDA
Hidup atau matinya perusahaan sering kali  bergantung pada kemampuannya untuk mengambil pesanan, memprosesnya, memberi informasi kepada pelanggan mengenae kemajuan pengerjaan pesanannya, mengantarkan barang dengan cepat pada pelanggan,mengenai pengambilan, dan mengelolah masalah-masalah daur Ulang.
arti semua bagi anda ada banyak pekerjaan baru yang tersedia di bidang manajemen rantai persediaan yang menggairahkan ini.

Rabu, 05 Desember 2012

PEMASARAN MEMBANGUN HUBUNGAN PELAGGAN

Evolusi Bidang Pemasaran
Evolusi pemasaran di Amerika Serikat Melibatkan empat era yaitu:
  1. Produksi.
  2. Penjualan.
  3. Konsep pemasaran, dan
  4. Hubungan Pelangan.
Era Produksi dari kali pertama penghuni Eropa memulai perjuangan mereka untuk bertahan hidup di Amerika sampai awal tahun 1900-an , filosofi umum bisnis adalah " produk sebanyak mungkin karena ada pasar yang tidak terbatas."
Era penjualan Pada tahun 1920-an, bisnis telah mengembangkan teknik produksi massa dan kapasitas produksi sering melebihi permintaan pasar langsung. Oleh karena itu, filosofi bisnis berubah dari penekanan pada produksi menjadi penekanan pada penjualan.
Era konsep pemasaran Setelah perang dunia II berakhir, pada tahun 1945, ada banyak permintaan akan barang dan jasa di antara para prajurit yang kembali memulai karier baru dan membina keluarga.
Era Hubungan pelanggan Pada tahun 1990-an dan awal tahun 2000-an, para manajer mengembangkan konsep pemasaran dengan menggunakan konsep manajemen hubungan pelanggan.

Mengembangkan Strategi Promosi yang Efektif
Faktor yang terakhir dari empat P pemasaran adalah Promosi. Promosi (promotion) terdiri atas semua teknik yang digunakan penjual untuk memberi tahu orang-orang dan memotifasi mereka untuk membeli produk atau jasa mereka.
Memberi pemasar informasi
Setiap langkah dalam proses pemasaran bergantung pada informasi yang digunakan untuk membuat keputusan yang tepat.penelitian pemasaran. (marketing research) adalah analisis pasar untuk menentukan peluang dan tantangan, dan untuk mencari informasi yang dibutuhkan untuk membuat keputusan yang baik.

Proses Penelitian Pemasaran
Proses penelitian pemasaran yang disederhanakan terdiri atas setidakna empat langkah:
  • Mendefinisikan pertanyaan (masalah atau peluang) dan menentukan situasi saat ini.
  • Mengumpulkan data.
  • Menganalisis data peneliti.
  • Memilih solusi terbaik dan mengimlpementasikan.
PASAR KONSUMEN
Total pasar konsumen potensial terdiri dari atas lebih dari 6 miliar orang di pasar Global. karena kelompok konsumen sangat berbeda dalam hal usia, tingkat pendidikan, pemasukan, dan selera, bisnis biasanya tidak dapat memenuhi kebutuhan setiap kelompok.

Menjangkau Pasar yang Lebih Kecil
Pemasaran pada ceruk (niche marketing) adalah proses pencarian segmen pasar yang kecil, tetapi menguntungkan dan merancang atau mencari produk untuknya, seberapa kecil segmen ini diilustrasikan oleh Fridgedoor.com. perushaan ini menjual magnet lemari es di internet.perusahaan tersebut memiliki 1.500 persediaan megnet yang berbeda dan menjual sebanyak 400 magnet satu minggu.
Pemasaran satu untuk satu (one-to-one) berartimengembangkan bauran yang unik akan barang dan jasa untuk setiap pelanggan induvidual.

Proses Mengambil Keputusan Konsumen
 Faktor-faktor lain yang penting dalam proses pengambilan keputusan konsumen yang definisi teknisnya dapat jadi tidak familier bagi anda meliputi hal-hal berikut:
  • Pembelajaran.
  • Kelompok referensi.
  • Kultur.
  • subkultur.
  • Ketidak cocokan kognitif
PASAR BISNIS KE BISNIS
Pasar bisnis Ke Bisnis (B2B) meliputi manu faktur; perantara seperti peritel ; institusi dan pemerintah. pasar B2B lebih besar dari pada pasar konsumen karena barang-barang sering di jual dan di jual lagi beberapa kali dalam proses B2B sebelum barang-barang tersebut di jual ke konsumen akhir.

KONSEP ANDA DALAM PEMASARAN
Ada beragam karier yang lebih luas dalam pemasaran ketimbang dalam sebagian besar mata kuliah bisnis. Oleh karena itu, apabila anda ingin mengambil pemasaran sebagai mata pelajaran kuliah pertama, satu susunan opsi karier akan tersedia bagi anda.anda dapan menjadi manajer di toko ritel, seperti saks atau target, anda dapat melakukan penelitian pemasaran atau terlibat dalam manajemen produk.

MENGEMBANGKAN DAN MENENTUKAN HARGA PRODUK DAN JASA


PENGEMBANGAN PRODUK DAN PENAWARAN PRODUK TOTAL
Dari sudut pandangan strategi pemasaran, sebuah menawaran produk total lebih dari sekedar barang fisik ataupun layanan. Sebuah penawaran produk total (total product offer) terdiri atas segala hal yang di evaluasi konsumen saat memutuskan apakah ia akan membeli suatu barang.Dengan demikian, produk atau layanan dasar mungkin berupa mesin cuci, polis asuransi, atau bir, tetapi penawaran produk total dapat terdiri atas penambah-penambah nilai.

Lini Produk dan Bauran Produk
perusahaan biasanya tidak hanya menjual satu produk. Malahan mereka biasanya menjual beberapa jenis produk yang berada, namun saling melengkapi. Lini produk (product line) adalah sekelompok produk yang secara fisik mirip atau di tujukan untuk pasar yang serupa.mereka biasanya menghadapi persaingan yang sama.dalam satu lini produk, mungkin ada beberapa mereka yangbersaing.

KEMASAN MENGUBAH PRODUK
Semakin Pentingnya Kemasan
Kemasan selalu menjadi aspek penting dalam penawaran produk, tetapi kini, kemasan membawa beban promosi lebih banyak dibandingkan dengan masa lampau. banyak produk yang dulu di jual oleh para tenaga penjualan kini dijual di gerai-gerai swalayan, dan kemasan menanggung lebih banyak tanggung jawab penjual.Kemasan harus melakukan fungsi-fungsi sebagai berikut:
  1. Melindungi produk di dalamnya, mampu bertahan saat dipindahkan dan di simpan, tidak mudah dirusak, menghalangi pencurian, sekaligus medah di buka dan digunakan.
  2. Menarik perhatian Pembeli.
  3. Menjelaskan isinya dan memberi informasi mengenai isi.
  4. menjelaskan manfaan dari produk dalam kemasan.
  5. Menyediakan informasi mengenai jaminan,peringatan, dan masalah-masalah konsumen lainnya.
  6. Memberi indikasi harga,nilai,dan kegunaan.
DAUR HIDUP PRODUK
Pentingnya Daur Hidup Produk:
Tahap-tahap berbeda dalam daur hidup produk memerlukan strategi pemasaran yang berbeda

HARGA BESAING
Penentuan harga sangat penting bagi pemasaran dan pengembangan penawaran produk total, sehingga dijadikan sebagai salah satu dari empat P dalam bauran pemasaran, bersama dengan produk (product), tempat (place), dan Promosi (promation). Harga merupakan salah satu dari empat P yang paling sulit dikendalikan oleh manajer.Hal ini penting karena harga merupakan unsur penting dalam evaluasi konsumen terhadap produk.
Tujuan Penentuan Harga
Sebuah perusahaan mungkin memiliki beberapa tujuan dalam benaknya saat menetapkan saat menetapkan satu strategi harga.saat menentukan harga sebuah penawaran vegetarian baru. kita mungkin ingin mempromosikan citra produk.jika kita memberi harga tinggi dan menggunakan promosi yang tepat, mungkin kita dapan menjadikan penawaran tersebut Evian-nya hidangan Vegetarian.

PERSAINGAN SELAIN HARGA
Walaupun teori mikroekonomi menekankan pada harga, para pemasar sering bersaing dalam atribut produk selain harga.Anda mungkin telah memperhatikan bahwa perbedaan harga cukup kecil pada produk-produk, seperti bensin, tempat cukur rambut laki-laki, permen batangan, dan bahkan produk-produk utama , misalnya mobil ukuran kecil dan uneversitas swasta.
Banyak produk kecil mempromosikan layanan-layanan yang menyertai produk dasar perusahaan di bandingkan dengan harga untuk dapat bersaing dengan perusahan-perusahaan yang lebih besar. Idenya adalah pelayanan yang baik akan meningkatkan produk yang relatif homogen.