Selasa, 30 Oktober 2012

BAB 2 PENGARUH EKONOMI TERHADAP BISNIS PENCIPTAAN DAN PENDISTRIBUSIAN KEMAKMURAN

PENGARUH KONDISI EKONOMI TERHADAP BISNIS

Apakah itu Ekonomi ?
Ekonomi (economics) adalah studi mengenai bagaimana masyarakat memilih untuk menggunakan sumber-sumber daya untuk menghasilkan barang dan jasa dan mendistribusikannya untuk dikonsumsi di antara beragam kelompok dan individu yang bersaing.
Perkembangan sumber daya (resource development) adalah studi mengenai cara untuk menungkatkan sumberdaya dan untuk menciptakan kondisi yang akan menggunakan sumber daya tersebut secara lebih baik.
 

Fondasi Kapitalisme
Rakyat yang berada dalam kapitalisme pasar bebas memiliki empat hak dasar:
  • Hak untuk memiliki properti secara pribadi
  • hak untuk memiliki bisnis dan menerima semua laba bisnis tersebut
  • Hak terhadap kebebasan untuk bersaing
  • Hak terhadap kebebasan pilihan.
Konsep Ekonomi dari penawaran
Penawaran (supply) merujuk pada kuantitas produk yang bersedia dijual oleh produsen atau pemilik pada harga berbeda pada suatu waktu tertentu. secara umum dapat dikatakan, jumlah yang ditawarkan seiring harga meningkat karena penjual bisa mendapatkan uang lebih dengan harga yang lebih tinggi.

Konsep ekonomi dari permintaan.
Permintaan (demand) merujuk pada kuantitas produk yang bersedia dibeli orang pada harga berbeda pada suatu waktu tertentu secara umum dapat dikatakan, kuantitas yang diminta akan meningkat seiring harga menurun. sekali lagi, hubungan antara harga dan kuantitas yang diminta dapat diperlihatkan dalam sebuah grafik.

Indikator Ekonomi Utama
Tiga indikator kondisi ekonomi utama adalah:
  1. Produk domistik kotor
  2. Tingkat pengangguran,dan
  3. Indeks harga.
Produk domistik kotor
Produk domistik kotor adalah total nilai barang dan jasa akhir yang diperoduksi disebuah negara dalam satu tahun. baik perusahaan domestik maupun perusahaan asing dapat memproduksi barang dan jasa dimasukkan dalam PBD selama perusahaan tersebut berlokasi di dalam batas-batas negara. sebagai contoh, nilai produksi dari pabrik Honda, pembuatan mobil dari jepang yang berlokasi di Ohio akan dimasukkan dalam PDB AS. demikian juga, pendapatan dari pabrik mobil Ford di miksiko akan dimasukkan dalam PDB miksiko, meskipun Ford adalah sebuah perusahaan AS.

Tingkat Pengangguran
Tingkat pengangguran (unemployment rate) merujuk pada jumlah penduduk berusia di atas 16 tahun yang tidak bekerja dan berusaha untuk mencari pekerjaan dalam empat minggu sebelumnya.

Indeks Harga
Indeks harga membantu untuk mengukur kesehatan ekonomi dengan mengukur tingkat inflasi, disinflasi, dan stagflasi. Inflasi (inflation) merujuk pada kenaikan umum dalam harga barang dan jasa seiring waktu.
 
Siklus Bisnis
Siklus bisnis (business cycle) adalah kenaikan dan penurunan periodik yang terjadi dalam ekonomi seiring waktu. Ahli ekonomi melihat pada beberapa jenis siklus, dari siklus musiman yang terjadi dalam setahun sehingga siklus yang terjadi setiap 48 hingga 60 tahun.

  Menggunakan Kebijakan Moneter untuk Memelihara Pertumbuhan Ekonomi

Kebijakan moneter (monetary policy) adalah manajemen pasokan uang dan tingkat suku bunga. Kebijakan ini dikendalikan oleh Federal Reserve System. peran Federal Reserve yang paling nyata adalah menaekkan dan menurunkan tingkat suku bunga.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar