Rabu, 31 Oktober 2012

BAB 3 PERSAINGAN DALAM PASAR BEBAS

PASAR GLOBAL YANG DINAMIS
Teori Keunggulan Komparatif dan Absolut
Perdagangan global melibatkan pertukaran barang dan jasa lintas batas nasional. Akan tetapi, pertukaran antarnegara melibatkan lebih dari barang dan jasa. Negara-negara juga mempertukarkan seni, olahraga, peristiwa kultural, kemajuan medis, penjelajahan angkasa luar, dan tenaga kerja.

Mengimpor Barang dan Jasa
Murid-murid asing yang belajar di perguruan tinggi dan universitas AS acap kali memperhatikan bahwa sejumlah produk yang banyak tersedia di negara mereka tidak tersedia di Amerika serikat, atau lebih mahal disini. Howard Schultz, ketua dari Starbucks, menemukan kesempatan ketika bepergian ke Italia. Schultzmenjadi terpesona oleh bar kopi dan espresso yang sering ia kunjungi di sana.

Mengekspor Barang dan Jasa
Jika gerakan-gerakan global ini  menunjukkan anda, bayangkan menjual pasir di timur tengah. Meridan Group mengekspor pasir jenis khusus yang digunakan di filter kolam renang yang sangat laku.
  Faktanya, anda dapat menjual hampir semua barang atau jasa yang digunakan di Amerika Serikat ke negara lain dan kadang-kadang persaingan di pasar global tidaklah seketat di negara sendiri. Sebagai Contoh, Anda dapat menjual pengeruk salju ke Arab Saudi yang menggunakannya untuk mengeruk pasir dari jalan raya mereka.

Mengukur Perdagangan Global
Dalam mengukur perdagangan global, negara mengikuti dua indikator Kunci:
  • Neraca perdagangan (balance of trade) adalah total nilai ekspor sebuah negara dibandingkan dengan impornya yang diukur selama periode waktu tertentu. Neraca perdagangan yang menguntungkan, atau surplus perdagangan terjadi ketika nilai ekspor sebuah negara meliputi impornya. Neraca perdagangan yang tidak menguntungkan, atau defisit perdagangan (trade deficit), terjadi ketika nilai impor sebuah negara melampaui ekspornya.
  • Neraca pembayaran (balance of payments) adalah perbedaan antara uang yang masuk kedalam sebuah negara (dari ekspor) dan uang yang keliuar dari negara tersebut (untuk impor) plus uang yang mengalir masuk atau keluar sebuah negara dari sebuah faktor-faktor lainnya. seperti pariwisata, bantuan asing, pengeluaran militer, dan investasi asing. Tujuannya adalah untuk selalu membuat lebih banyak uang mengalir masuk ke dalam sebuah negara dibandingkan yang mengalir keluar dari negara tersebut.
Waralaba
Pemberian waralaba adalah sebuah perjanjian dimana seseorang dengan ide bagus untuk bisnis menjual hak untuk menggunakan nama bisnis tersebut dan menjual produk atau jasa kepada orang lain di suatu teritorial tertentu dalam cara tertentu. pemberian waralaba sangat populer, baik secara domestik maupun internasional

Ventura Bersama dan Aliansi Strategis Internasional
Sebuah Ventura bersama (joint venture) pada dasarnya adalah hubungan rekanan dimana dua perusahaan atau lebih bergabung untuk melakukan sebuah proyek besar.Ventura bersama acap kali dimandatkan oleh pemerintah, seperti cina sebagai persyaratan untuk melakukan bisnis di negara mereka, sebagai contoh, General Motors dan Volkswagen sejak tahun 1995 telah mengadakan ventura bersama dengan Shanghai Automotive industrial Corporation, perusahaan mobil domistik terbesar di Cina untuk membuat mobil di Cina. Venture bersama dengan perusahaan asing menghasilkan 27 persen dari hasil industri Cina.

Manfaat dari Ventura bersama internasional adalah jelas:
  1. Membagi tegnologi dan risiko.
  2. Membagi keahlian pemasaran dan manajemen.
  3. Untuk memasuki pasar di mana perusahaan asing acap kali tidak diizinkan kecuali barang-barangnya diproduksi secara lokal.
Investasi Asing Langsung
investasi asing langsung (foreign direct investment) adalah pembelian properti dan bisnis permanen di negara asing. Bentuk paling umum dari investasi asing langsung adalah cabang asing (foreign subsidiary) adalah perusahaan yang dimiliki di sebuah negara asing oleh perusahaan lain.
Korporasi Multinasional (multinational corporation) adalah sebuah organisasi yang memanufaktur dan memasarkan produk di banyak negara berbeda dan mempunyai kepemilikan saham multinasional dan manajemen multinasional.

Kekuatan Fisik Lingkungan
Kekuatan fisik lingkungan tertentu juga dapat berdampak pada kemampuan perusahaan untuk melakukan bisnis dalam pasar global. Bahkan batas teknologi dapat menimbulkan kesulitan atau bahkan membuatnya tidak mungkin untuk membangun pasar global yang besar. sebagai contoh, beberapa negara berkembang mempunyai sistem transportasi dan penyimpanan yang sedemikian promitif sehingga membuat distribusi internasional tidak lagi efektif, atau bahkan tidak mungkin.

Masa Depan Perdagangan Global
Kesempatan perdagangan global tumbuh semakin menarik, tetapi juga semakin menantang setiap hari. Pasar baru dan berkembang menghadirkan potensi besar bagi perdagangan dan perkembangan. perubahan dalam teknologi, khususnya melalui internet, telah mengubah gambaran perdagangan global, pasar global adalah dimana kesempatan berada, akan tetapi di atas planet ini tidak ada daya tarik pasar global yang lebih hebat dari negara berpenduduk terbanyak di dunia, Cina. dengan rakyat lebih dari 1,3 miliarorang, Cina telah memindah ke gigi tinggi sejak mengubah filosofi ekonominya dari perencanaansentral menjadi pasar bebas. pada tahun 2005, Cina melampaui jepang dan menjadi pengekspor ketiga terbesar di dunia di bawah Amerika Serikat dan Jerman.

Tentang Pengontrakan Keluar Negeri
Di Amerika Serikat, perusahaan-perusahaan telah mengontrakkan keluar fungsi gaji, akuntansi, dan beberapa operasi manufaktur selama bertahun-tahun. akan tetapi, peralihan dalam pengontrakan keluar manufaktur dan jasa dari bisnis domestik terutama ke pasar bergaji rendah telah menjadi sebuah isu besar di Amerika Serikat.
Sebenarnya, perusahaan Amerika Serikat seperti Levi-Strauss dan NIke telah mengontrakkan manufaktur ke luar negeri selama berpuluh-puluhan tahun. pada dasarnya, seiring manufaktur tingkat rendah menjadi lebih sederhana, perusahaan AS mengalihkan fokus dari perakitan produk kepada desain dan arsitektur.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar