Kamis, 01 November 2012

BAB 4 MENAMPILKAN PERILAKU ETIS DAN TANGGUNG JAWAB SOSIAL

ETIKA LEBIH DARI LEGALITAS
Pada awal tahun 2000-an, republik Amerika dikejutkan ketika mengetahui bahwa Enron, perusahaan dagang energi raksasa menciptakan hubungan rekanan diluar buku untuk menyembunyikan utang dan kerugian. Aib Enron tidak lama kemudian diikuti oleh lebih banyak skandal di perusahaan-perusahaan besar, seperti WorldCOm, Tico International, ImClone, HealthSouth, dan Boeing.

Standar Etis Merupakan Fundamental
Kita mendifinisikan etika (ethics) sebagai standar perilaku bermoral, yaitu perilaku yang diterima oleh masyarakat sebagai benar versus salah, banyak orang Amerika sekarang ini mempunyai sedikit nilai moral yang absolut.
akan tetapi, di antara sumber-sumber dari berbagai waktu dan tempat seperti Kitab Suci, Ethics dari Aristoteles, King Lear dari William Shakespeare, Qur'an, dan Analects dari Konfusius anda akan menemukan pernyatan nilai moral dasar seperti berikut : integral, rasa hormat pada kehidupan manusia, pengendalian diri, kejujuran, keberanian, dan pengorbanan diri adalah benar; penipuan, menjadi pengecut, dan kekejaman adalah salah.

MENGELOLA BISNIS SECARA ETIS DAN BERTANGGUNG JAWAB
Etika organisasional dimulai dari puncak, Etika adalah sesuatu yang ditangkap dan bukan dikatakan. Maksudnya, orang mengetahi standar dan nilai mereka dari mengamati apa yang dilakukan oleh orang lain, bukan dari mendengarkan apa yang mereka katakan.
Sebagai Contoh, Ketika Sears, Roebuck & Company diserbu keluhan mengenai layanan otomotifnya, manajemen sears memperkenalkan tujuan dan insentif baru bagi karyawan di pusat otomotifnya.

Menetapkan Standar Etis Korporat
Kode etika berbasis kepatuhan (compliance-based ethics codes) menekankan mencegah perilaku yang melanggar hukuman dengan meningkatkan kontrol dan dengan memberikan sanksikepada yang melanggar
Kode etika berbasis integritas (integrity-based ethics codes) mendifinisikan nilai-nilai panduan organisasi, mencapai sebuah lingkungan yang secara etis mendukung perilaku baik, dan menekankan akuntabilitas bersama antar karyawan

TANGGUANG JAWAB SOSIAL KORPORAT
Tangguang jawab sosial korporat (corporate social responsibility-CSR) adalah perhatian yang dimiliki bisnis terhadap kesejahteraan masyarakat. tanggung jawab ini di dasarkan pada perhatian perusahaan bagi kesejahteraan semua pemangku kepentingannya, tidak hanya pemiliknya.
Kinerja sosial sebuah perusahaan mempunyai beberapa dimensi:
  • Filantropi korporat (corporate philanthropy)
  • Inisiatif sosial korporat (corporate social initiatives)
  • Tanggung jawab korporat (corporate responsibility)
  • kebijakan korporat (corporate policy)
Audit Sosial
Sebuah audit sosial (social auditing) adalah sebuah evaluasi sistematis dari kemajuan organisasi menuju penerapan program yang bertanggung jawab dan responsif secara sosial.

ETIKA DAN TANGGUNG JAWAB SOSIAL INTERNATIONAL
Masalah etis dan isu tanggung jawab sosial bukan merupakan hal baru bagi Amerika Serikat. Pemimpin bisnis dan pemerintah puncak di Jepang, Tuntutan serupa juga telah diajukan terhadap pejabat puncak di Korea selatan, Republik Rakyat Cina, Italia, Brasil, Pakistan, dan Zaire.  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar