Minggu, 04 November 2012

BAB 10 BEKERJA DENGAN LINGKUNGAN HUKUM DALAM BISNIS

KEBUTUHAN AKAN HUKUM
Hukum undang-undang dan Common Law
Terdapan dua jenis utama dari hukum: hukum undang-undang dan hukum adat.
Keduanya adalah penting bagi pelaku bisnis.
Hukum undang-undang (statutory law) meliputi konstitusi negara bagian dan fideral, pembuatan undang-undang oleh legeslatif, perjanjian pemerintah federal, dan ordenansi-singkatnya, hukum tertulis.
Common law adalah kumpulan hukum yang datang dari keputusan-keputusan yang diturunkan oleh para hakim. Common law acap kali disebut sebagai hukum tidak tertulis karena tidak muncul dalam perundang-undangan legeslatif, perjanjian, atau dokumen sejenis.

Lembaga Pemerintah
Berbagai organisasi dalam pemerintah mengeluarkan banyak pelaturan, regulasi dan perintah. Lembaga Pemerintah (administrative) adalah institusi federal atau negara bagian dan organisasi pemerintah lainnya yang diciptakan oleh Congres atau badan pembuatan undang-undang negara bagian dengan kekuasaan yang didelegasikan untuk menciptakan peraturan dan regulasi dalam area otoritas mereka sendiri.

HUKUM PELANGGARAN HAK
Hukum pelanggaran hak adalah contoh dari dilaksanakannya hukum adat. Pelanggaran hak (tort) adalah pelanggaran yang menyebabkan kerusakan pada tubuh, properti, atau reputasi.
Tanggung jawab Produk
Tanggung jawab produk (product liability) membuat bisnis bertanggung jawab untuk kerugian yang ditimbulkan dari produksi, desain, penjualan, atau penggunaan produk yang mereka pasarkan.
Tanggung jawab Produk ketat (strict product liability) secara legal berati kewajiban tanpa berkenaan dengan kesalahan.

Garansi
  • Garansi ekspres (express warranties)
  • Garansi implisit (imlpisied warranties)

HUKUM KONTRAK
Kontrak (contract) adalah perjanjian yang dapat dilaksanakan secara legal antara dua pihak atau lebih.
Hukum kontrak (contract law) menentukan apa yang merupakan perjanjian yang dapat dilaksanakan secara legal.

Pelanggaran Kontrak
Pelanggaran kontrak (breach of contract) terjadi ketika salah satu pihak gagal untuk memenuhi persyaratan sebuah kontrak.

HUKUM UNTUK MELINDUNGI KONSUMEN
Konsumerisme (consumerism) adalah sebuah gerakan sosial yang berusaha meningkatkan dan menguatkan hak dan kekuasaan pembeli dalam hubungannya dengan penjual.

HUKUM PAJAK
Pajak (taxes) adalah cara pemerintah (federal,negara bagian,atau lokal) mendapatkan uang. secara tradisionalpajak terutama digunakan sebagai sumber pendanaan untuk operasi dan program pemerintah.

DEREGULASI
Pada tahun 1980, Amerika Serikat telah mengembangkan hukum dan regulasi yang mencakup hampir setiap aspek dari bisnis.Deregulasi berarti bahwa pemerintah menarik hukum dan regulasi tertentu yang tampak menghalangi persaingan.Mungkin Contoh deregulasi yang paling dipublikasikan adalah yang berada dalam industri penerbangan dan telekomonikasi. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar