Sabtu, 03 November 2012

BAB 9 MEMPRODUKSI BARANG DAN JASA KELAS DUNIA

DARI PRODUKSI KEMANAJEMEN OPERASI
Produksi (production) adalah pembuatan barang dan jasa dengan menggunakan faktor-faktor produksi : tanah, tenaga kerja,modal, kewirausahaan, dan pengetahuan. menurut sejarah, produksi telah di hubungkan dengan menufaktur, tetapi sifat bisnis telah berubah secara signifikan dalam kurung lebih 20 tahun terakhir.
Manajemen Produksi (production manajemen) merupakan istilah yang digunakan untuk mendiskripsikan semua aktivitas yang dilakukan manajer untuk membantu perusahaan mereka menghasilkan barang.
Manajemen operasi (operation management), kemudian, adalah are khusus dalam manajemen yang mengubah atau mentransformasi sumber menjadi barang dan jasa.

PROSES PRODUKSI
Produksi menambahkan nilai, atau kegunaan, pada bahan atau proses. Form utility (form utility) adalah nilain yang ditambahkan dengan pertumbuhan barang dan jasa yang sudah jadi, seperti nilai yang ditambahkan dengan menggunakan silikon dan membuat chip komputer atau menggabungkan layanan untuk menciptakan paket liburan.

PERENCANAAN MANAJEMEN OPERASI
Perencanaan manajemen operasi melibatkan banyak isu yang sama, baik dalam sektor manufaktur maupun sektor jasa. Isu-isu ini meliputi lokasi fasilitas, tata ruang fasilitas, perencanaan persyaratan bahan, pembelian, pengendalian inventaris, dan kontrol kualitas. Sumber-sumber yang digunakan dapat berbeda, tetapi isu manajemennya sama.
Lokasi Fasilitas
Lokais fasilitas (facility location) adalah proses pemilihan lokasi geografis untuk operasi perusahaan. Dalam memenuhi kebutuhan untuk berfokus pada pelanggan, satu strategis dalam lokasi fasilitas adalah untuk mencari sebuah tempat yang memudahkan para pelanggan untuk mengakses layanan perusahaan dan untuk mempertahankan dialog tentang kebutuhan mereka.
Lokasi fasilitas untuk para Pemanufaktur
Isu utama dimasa lalu adalah peralihan organisasi manufaktur dari satu kota atau negara bagian ke kota atau negara bagian lain di Amerika Serikat atau ke Tempat asing.
Lokasi Fasilitas di Masa Depan
Perkembangan dalam tegnologi informasi (komputer, modem,e-mail,surat suara,telekomonikasi,dll)
Tata Ruang Fasilitas
Tata Ruang Fasilitas (facility  layout) adalah susunan fisik sumber dalam proses produksi.Intinya adalah untuk meletakkan kantor, mesin, areapenyimpanan, dan artikel lainnya di dalam posisi yang sebaik mungkin guna memungkinkan para pekerja untuk memproduksi barang dan memberikan layanan bagi para pelanggan.

Kontrol Kualitas
  • Kualitas (quality).
  • Kualitas sigma enam (six sigma quality).
  • Kontrol kualitas statistis (statistical quality control-SQC).
  • Kontrol proses statistis (statistical proses control-SPC)
PROSEDUR KENDALI : PERT DAN BAGIAN GANTT
Fungsi penting dari seorang manajer operasi adalah untuk memastikan bahwa produk dibuat dan dikirimkan tepat pada waktunya, sesuai anggaran dan sesuai spesifikasi.
Evaluasi program dan teknik tinjau
penganut PERT menganalisi tugas yang terlibat dalam menyelesaikan proyek tertentu, memperkirakan waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan setiap tugas, dan mendefinisikan waktu minimum yang dibutuhkan untuk menyelesaikan seluruh proyek.
Bagan Gantt (Gantt chart) adalah sebuah grafik batang yang dengan jelas menunjukkan proyek yang sedang dikerjakan dan seberapa banyak yang telah di selesaikan dalam waktu tertentu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar