Jumat, 02 November 2012

BAB 8 MENGADAPTASIKAN ORGANISASI PADA PASAR SEKARANG

SEMUA ORANG MELAKUKANNYA
Membangun organisasi dari Bawah ke Atas
Tanpa memperhatikan ukuran bisnis, prinsip-prinsip organisasi kurang lebih adalah sama. Katakanlah, misalnya, Anda dan ke dua teman anda berencana untuk memulai sebuah bisnis pemotong rumput. salah satu langkah pertama adalah mengorganisasi bisnis anda. Organisasi atau strukturisasi dimulai dengan menentukan pekerjaan apa yang perlu dilakukan dan dikemudian membagi tugas diantara kalian bertiga ini disebut pembagian tugas ( division of labor ).

Prinsip-prinsip Organisasi Fayol
Fayol memperkenalkan prinsip-prinsip tersebut sebagai berikut:
  • Kesatuan perintah.
  • Hierarki otoritas.
  • Divisi tenaga kerja.
  • Subordinasi kepentingan individual dengan kepenyingan umum.
  • otoritas.
  • Tingkat sentralisasi.
  • Saluran komonikasi yang jelas.
  • Tata tertib.
  • keadilan.
  • Esprit de corps.
 ISU-ISU YANG TERLIBAT DALAM STRUKTURISASI ORGANISASI
Sentralisasi versus Desentralisasi Otoritas
Otoritas yang tersentralisasi (centrlized authority) muncul ketika otoritas pengambilan keputusan diperhatikan di tingkat manajemen puncak di markas besar perusahaan.
Otoritas yang terdesentralisasi (decentralized authority) muncul ketika otritas pengambilan keputusan didelegasikan ke para manajer tingkat lebih rendah dan para karyawan yang lebih familier dengan kondisi lokal ketimbang manajemen markas besar.

Keuntungan dan kerugian Departementralisasi
 Departementralisasi (departmentalization) adalah pembagian fungsi organisasional menjadi unit-unit terpisah.Struktur fungsional adalah pengelompokan para pekerja menjadi departemen-departemen berdasarkan keterampilan yang mirip, keahlian, atau penggunaan sumber. Sebuah perusahan mungkin memiliki, misalnya departemen produksi, departemen transportasi, dan departemen keuangan.

BERADAPTASI TERHADAP PERUBAHAN
Restrukturisasi untuk pemberdayaan
Restrukturasi (restructuring) adalah mendasain ulang sebuah organisasi, sehingga dapat secara lebih efektih dan efesien melayani pelanggan.
Organisasi yang terbalik (invented organization) meletakkan orang-orang yang dapat dihubungi diatas dan CEO di bawah.

Organisasi Informal
Semua organisasi memiliki dua sistem organisasional.Pertama,  
Organisasi Formal yang merupakan struktur yang memperinci jalur-jalur tanggung jawab, otoritas, dan posisi.ini adalah struktur di bagan organisasi.
Organisasi lainnya adalah Organisasi informal yang merupakan sistem hubungan yang berkembang secara spontan ketika para karyawan bertemu dan membentuk pusat kekuatan. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar