Rabu, 05 Desember 2012

MENGEMBANGKAN DAN MENENTUKAN HARGA PRODUK DAN JASA


PENGEMBANGAN PRODUK DAN PENAWARAN PRODUK TOTAL
Dari sudut pandangan strategi pemasaran, sebuah menawaran produk total lebih dari sekedar barang fisik ataupun layanan. Sebuah penawaran produk total (total product offer) terdiri atas segala hal yang di evaluasi konsumen saat memutuskan apakah ia akan membeli suatu barang.Dengan demikian, produk atau layanan dasar mungkin berupa mesin cuci, polis asuransi, atau bir, tetapi penawaran produk total dapat terdiri atas penambah-penambah nilai.

Lini Produk dan Bauran Produk
perusahaan biasanya tidak hanya menjual satu produk. Malahan mereka biasanya menjual beberapa jenis produk yang berada, namun saling melengkapi. Lini produk (product line) adalah sekelompok produk yang secara fisik mirip atau di tujukan untuk pasar yang serupa.mereka biasanya menghadapi persaingan yang sama.dalam satu lini produk, mungkin ada beberapa mereka yangbersaing.

KEMASAN MENGUBAH PRODUK
Semakin Pentingnya Kemasan
Kemasan selalu menjadi aspek penting dalam penawaran produk, tetapi kini, kemasan membawa beban promosi lebih banyak dibandingkan dengan masa lampau. banyak produk yang dulu di jual oleh para tenaga penjualan kini dijual di gerai-gerai swalayan, dan kemasan menanggung lebih banyak tanggung jawab penjual.Kemasan harus melakukan fungsi-fungsi sebagai berikut:
  1. Melindungi produk di dalamnya, mampu bertahan saat dipindahkan dan di simpan, tidak mudah dirusak, menghalangi pencurian, sekaligus medah di buka dan digunakan.
  2. Menarik perhatian Pembeli.
  3. Menjelaskan isinya dan memberi informasi mengenai isi.
  4. menjelaskan manfaan dari produk dalam kemasan.
  5. Menyediakan informasi mengenai jaminan,peringatan, dan masalah-masalah konsumen lainnya.
  6. Memberi indikasi harga,nilai,dan kegunaan.
DAUR HIDUP PRODUK
Pentingnya Daur Hidup Produk:
Tahap-tahap berbeda dalam daur hidup produk memerlukan strategi pemasaran yang berbeda

HARGA BESAING
Penentuan harga sangat penting bagi pemasaran dan pengembangan penawaran produk total, sehingga dijadikan sebagai salah satu dari empat P dalam bauran pemasaran, bersama dengan produk (product), tempat (place), dan Promosi (promation). Harga merupakan salah satu dari empat P yang paling sulit dikendalikan oleh manajer.Hal ini penting karena harga merupakan unsur penting dalam evaluasi konsumen terhadap produk.
Tujuan Penentuan Harga
Sebuah perusahaan mungkin memiliki beberapa tujuan dalam benaknya saat menetapkan saat menetapkan satu strategi harga.saat menentukan harga sebuah penawaran vegetarian baru. kita mungkin ingin mempromosikan citra produk.jika kita memberi harga tinggi dan menggunakan promosi yang tepat, mungkin kita dapan menjadikan penawaran tersebut Evian-nya hidangan Vegetarian.

PERSAINGAN SELAIN HARGA
Walaupun teori mikroekonomi menekankan pada harga, para pemasar sering bersaing dalam atribut produk selain harga.Anda mungkin telah memperhatikan bahwa perbedaan harga cukup kecil pada produk-produk, seperti bensin, tempat cukur rambut laki-laki, permen batangan, dan bahkan produk-produk utama , misalnya mobil ukuran kecil dan uneversitas swasta.
Banyak produk kecil mempromosikan layanan-layanan yang menyertai produk dasar perusahaan di bandingkan dengan harga untuk dapat bersaing dengan perusahan-perusahaan yang lebih besar. Idenya adalah pelayanan yang baik akan meningkatkan produk yang relatif homogen.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar